Selasa, 19 Oktober 2010

Ciri ciri anak autis

Gejala anak autis bisa dilihat dari usia dini, karena itu coba perhatikan anak anda dalam setiap tahap. Terkadang orangtua tidak terlalu peka terhadap tingkah laku anak, jangan samapai terlambat. Walau autis bukan penyakit, anak autis perlu mendapat perhatian yang lebih ekstra. Gejala autis berdasarkan usia:- Usia 0 – 6 bulan.
Apabila anak anda terlalu tenang dan jarang menangis, terlalu sensitive, gerakan tangan dan kaki yang terlalu berlebihan terutama pada saat mandi. Tidak pernah terjadi kontak mata atau senyum yang secara social, dan digendongan mengepal tangan atau menegangkan kaki secara berlebihan.

- Usia 6 – 12 bulan.
Kalau digendong kaku atu tegang dan tidak berenterasi atau tidak tertarik pada maianan atu tidak bereaksi terhadap suara atau kata. Dan selalu memandang suatu benda atau tangannya sendiri secara lama. Itu akibat terlambat dalam perkembangan motorik halus dan kasar.

- Usia 2 - 3 tahun.
Tidak berminat atau bersosialisasi terhadap anak-anak lain dan kontak mata tidak nyambung dan tidak pernah focus. Juga kaku terhadap orang lain dan masih senang digendong dan malas mengerakan tubuhnya.

- Usia 4 – 5 tahun.
Sukanya anak ini berteriak-teriak dan suka membeo atau menirukan suara orang dan mengeluarkan suara-suara aneh. Dan gampang marah atau emosi apabila rutinitasnya diganggu dan kemauanya tidak dituruti dan agresif dam mudah menyakiti diri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar